Senin, 08 Juli 2019

MASYARAKAT ACEH UTARA DUKUNG ALAM PEUDEUNG DIJADIKAN LAMBANG PROVINSI ACEH

Foto Masyarakat Mengenakan Topi Alam Peudeng
Aceh Utara – Banyaknya  pemandangan masyarakat yang mengenakan Topi dan Baju bergambar Bulan Bintang disertai Pedang yang terletak dibawahnya di setiap kedai / warung Kopi wilayah Aceh Utara menjadi perbincangan bagi kalangan tokoh pemuda dan masyarakat. Ternyata Gambar tersebut merupakan gambar Bendera Alam Peudeung peninggalan kerajaan Sultan Iskandar Muda “Ujar  Zul, salah satu masyarakat yang memakai Baju bergambar Alam Peudeung di warung Ajo Kopi Lhoksukon saat diwawancarai oleh Awak Media Aceh Mandum”, Selasa (08/07/2019).

Ia juga menjelaskan bahwa Alam Peudeung merupakan Bendera yang memiliki nilai histori / sejarah yang mendalam dimana bendera tersebut digunakan sebagai simbol/lambang saat Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda pada masa jayanya saat melawan Portugis dan Belanda tahun 1511-1530 M.

Zul menolak Bendera Bulan Bintang dijadikan Simbol/Lambang Bendera Provinsi Aceh.

Foto Zul saat diwawancarai 
“Bendera Bulan Bintang tidak bisa dijadikan Simbol/lambang Provinsi Aceh, karena bendera tersebut masih menyerupai bendera Separatis GAM. Pemerintah Pusat juga sampai saat ini tidak menyetujui jika Bendera tersebut disyahkan. Selain itu, hanya beberapa pihak saja yang menyetujuinya bukan seluruh elemen masyarakat Aceh” menurutnya.

Zul,  berharap Alam Peudeung dapat segera diputuskan dan dijadikan Lambang/Simbol Bendera Provinsi Aceh.

“Dikaitkan dengan UUPA Qanun No.3 tahun 2019 tentang Lambang dan Simbol Aceh, Pemerintah Provinsi Aceh sebaiknya mengusulkan Alam Peudeung untuk dijadikan Lambang Provinsi Aceh, karena bendera tersebut dapat mempersatukan masyarakat Aceh secara keseluruhan” Ujar Zul.

“Namun alangkah baiknya masalah Bendera  sebaiknya Pemerintah dan Anggota Legislatif baik DPRK maupun DPRA lebih memikirkan nasib rakyatnya terlebih dahulu, karena yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah kesejahteraan” Tambah Zul saat menutup pembicaraan terhadap awak media.


Editor      : AY
Sumber    : Aceh Mandum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MILAD GAM KE- 43 JADIKAN MOMEN MENJAGA DAN MERAWAT PERDAMAIAN ACEH

Aceh Utara – Mantan Eks Kombatan Wilayah Pase yang akrab di panggil Sulaiman alias Abi Pasee angkat bicara mengenai permasalahan Milad ...